Tags

Smiley Emoticon, atau biasa disebut emoticon, siapa sih yang tidak tahu emoticon? Semua orang pasti sudah tahu dengan yang namanya emoticon, atau bahkan ada yang menggunakan emoticon di setiap teks virtual seperti pada Facebook, Twitter, hingga SMS.

Awalnya, kamu mungkin mengetahui emoticon dari temanmu atau dari orang lain, namun, tahukah kamu siapa yang memperkenalkan emoticon pertama kali? Kalau belum tahu, mari simak biografi ilmuwan komputer ini🙂

Scott Elliott Fahlman atau yang biasa disebut Scott Fahlman adalah seorang ilmuwan komputer di Carnegie Mellon University. Lahir di Medina, Ohio, U.S. pada 21 Maret 1948.

Ia dinobatkan menjadi orang pertama yang memperkenalkan smiley emoticon. Pada awalnya, ia menciptakan emoticon karena menurutnya emoticon akan membantu orang dalam membedakan postingan serius dari postingan lelucon pada papan pesan di Universitas Carnegie Mellon. Ia mengusulkan penggunaan ”🙂 ” dan ”😦 ” untuk tujuan ini.

Pesan asli dari mana simbol-simbol tersebut berasal telah diposting pada tanggal 19 September 1982. Pesan itu ditemukan oleh Jeff Baird pada tanggal 10 September 2002, kutipan pesan tersebut seperti berikut ini:

19-Sep-82 11:44 Scott E Fahlman🙂
From: Scott E Fahlman

I propose that the following character sequence for joke markers:

🙂

Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark
things that are NOT jokes, given current trends. For this, use

😦

Fahlman memberikan sedikit “kata pengantar” tentang smiley emoticon di salah satu postingan blognya.
Meskipun ia dinobatkan menjadi orang yang pertama kali menciptakan smiley emoticon, ia bukanlah orang pertama yang menggunakannya, smiley emoticon pertama kali tampak di salah satu artikel Reader’s Digestpada bulan Mei 1967. Dalam sebuah wawancara yang dicetak di New York Times pada tahun 1969, Vladimir Nabokov menyebutkan,


“Saya sering berpikir sebenarnya harus ada tanda ketik khusus untuk tersenyum – semacam tanda cekung, tanda kurung bulat telentang”.

Fahlman menerima gelar sarjana dan gelar master pada tahun 1973 dari MIT, dan gelar Ph.D. dari MIT pada tahun 1977.

Fahlman bertindak sebagai penasehat tesis untuk Donald Cohen, David B. McDonald, David S. Touretzky, Skef Wholey, Justin Boyan, Michael Witbrock, dan Alicia Tribble Sagae.
Pada musim gugur tahun 2007 lalu, Dia dan rekan-rekannya menciptakan sebuah kontes siswa, sebuah penghargaan siswa untuk mendorong inovasi dalam komunikasi orang-orang yang dibantu teknologi.